5 Hal Penting Tentang MU-MIMO Pada WiFi

12 October 2021
5-hal-tentang-mu-mimo-pada-wifi-yang-perlu-anda-tahu

Kadang saat menggunakan WiFi di kantor, mungkin Anda pernah mengeluhkan kecepatan jaringannya yang mengecewakan. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena jumlah pengguna dalam satu router atau access point cukup banyak. Namun sejak ada teknologi MU-MIMO, keluhan tersebut dapat diminimalisir.

MU-MIMO adalah singkatan dari Multi User - Multiple Input Multiple Output. Teknologi ini memiliki kemampuan yang lebih signifikan bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Single User - Multiple Input Multiple Output (SU-MIMO). Pada MU-MIMO, protokol yang digunakan adalah 802.11ac. Tapi, tidak semua chipset WiFi yang mendukung protokol 802.11ac juga mendukung fitur MU-MIMO. Tidak seperti SU-MIMO yang hanya memiliki satu jalur untuk berapapun jumlah penggunanya, MU-MIMO menggunakan beberapa jalur terpisah untuk digunakan oleh beberapa user.

Untuk lebih mengenal teknologi ini, berikut 5 hal tentang MU-MIMO yang perlu Anda ketahui:

MU-MIMO Dapat Berjalan Satu Arah Maupun Dua Arah

Penting untuk diingat bahwa, tidak seperti SU-MIMO, MU-MIMO dengan 802.11ac hanya berfungsi dengan koneksi nirkabel downlink. Hanya router nirkabel dan access point yang dapat mengirimkan data secara bersamaan ke beberapa pengguna, baik itu satu atau lebih aliran data ke masing-masing pengguna. Perangkat nirkabel seperti smartphone, tablet, atau laptop masih harus bergiliran untuk mengirim data ke router nirkabel atau access point alias satu arah. Namun saat gelombang kedua dari 802.11ax hadir, perangkat nirkabel tersebut bisa mendapatkan data dari router nirkabel atau access point, dan dapat mengirim data kembali secara bersamaan alias dua arah.

Beamforming Dapat Membantu Mengarahkan Sinyal

MU-MIMO menggunakan beamforming, yaitu fitur terpisah dari 802.11ac dan 802.11ax yang mengarahkan sinyal ke perangkat nirkabel yang dituju, bukan secara acak ke segala arah. Karena sinyal yang digunakan lebih efisien, teknologi ini pun dapat membantu meningkatkan jangkauan dan kecepatan WiFi.

MU-MIMO Membantu Meningkatkan Kapasitas Jaringan

Saat Anda ingin meningkatkan kecepatan WiFi, Anda juga harus meningkatkan kapasitas jaringannya. MU-MIMO dapat membantu mengurangi kemacetan di jaringan yang sibuk atau padat, seperti hotspot WiFi.

Perangkat Pengguna Membutuhkan Beberapa Antena untuk Uplink MU-MIMO

Seperti halnya perangkat 802.11ac, perangkat nirkabel tidak perlu memiliki banyak antena untuk menerima aliran MU-MIMO dari router nirkabel dan access point. Jika perangkat nirkabel hanya memiliki satu antena, perangkat ini masih dapat menerima satu aliran data MU-MIMO dari access point. Namun, dengan uplink MU-MIMO, perangkat nirkabel diharuskan memiliki minimal dua antena untuk mengirim sinyal dengan MU-MIMO kembali ke access point atau router nirkabel, bahkan meski untuk satu koneksi streaming.

Lebih banyak antena akan memungkinkan perangkat untuk mendukung lebih banyak aliran data simultan yang biasanya satu aliran per antena, dimana hal tersebut baik untuk kinerja WiFi pada perangkat. Namun, memasukkan beberapa antena dalam satu perangkat membutuhkan lebih banyak daya dan ruang, dan menambah biayanya. Karena setidaknya dibutuhkan delapan antena untuk memanfaatkan fitur 802.11ax sepenuhnya.

Pemrosesan Sinyal pada MU-MIMO Meningkatkan Keamanan

Dampak yang menarik dari MU-MIMO adalah bahwa router atau access point dapat mengacak data sebelum mengirimnya melalui gelombang udara, dan hanya perangkat penerima yang dimaksud yang dapat mengacaknya. Meskipun alatnya dikembangkan hingga memungkinkan orang lain untuk memproses traffic, untuk saat ini MU-MIMO memang dapat menutupi data dari penyadap terdekat. Dengan cara itu, teknologi ini membantu meningkatkan keamanan WiFi, terutama pada jaringan terbuka seperti hotspot atau yang diamankan hanya dengan mode WPA atau WPA2 pribadi, atau password yang dibagikan sebelumnya. Dengan 802.11ac, efek samping dan pengacakan data ini hanya terjadi pada koneksi downlink, karena itulah satu-satunya arah yang didukung oleh MU-MIMO.

AP1221-RW

Perangkat access point AP1221-RW dari Alcatel-Lucent Enterprise dengan teknologi MU-MIMO

Agar jaringan internet nirkabel di perusahaan Anda dapat selalu berjalan lancar, gunakan perangkat access point dengan fitur MU-MIMO seperti AP1221-RW dari Alcatel-Lucent Enterprise. Access Point 1221-RW, salah satu perangkat OmniAccess® Stellar seri AP1220, merupakan access point multifungsi. Perangkat ini menyediakan layanan transmisi data pada sejumlah perangkat secara simultan, memaksimalkan akses data, dan meningkatkan efisiensi jaringan. Access Point 1221-RW cocok untuk keperluan bisnis skala menengah maupun besar, karena mampu menyediakan konektivitas yang kuat dan aman.

AP1221-RW memiliki fitur kinerja tinggi 802.11ac, kecepatan data maksimum 2.1 Gb/s (1733 Mb/s in 5 GHz dan 400 Mb/s in 2.4 GHz), 160 MHz channels (VHT160*), Multi-User MIMO (MU-MIMO), Four Spatial Streams (4SS), Dynamic Frequency Analysis (DFA) untuk mengoptimalkan saluran yang tersedia, serta memberikan daya transmisi yang tepat, Transmit Beam Forming (TxBF) untuk meningkatkan kemampuan dan jangkauan sinyal, fitur antena terintegrasi dengan kekuatan: 2×2:2 @ 2.4 GHz dan 4x4:4 @ 5 GHz, dan mendukung Direct Current (DC) power dan Power over Ethernet (PoE).

Dengan berbagai fitur tersebut, AP1221-RW dapat memberikan keuntungan kemampuan transmisi data multicast terhadap beberapa perangkat secara simultan, konfigurasi yang mudah serta pengelolaan yang sederhana, kontrol penerimaan jaringan yang aman dengan akses terpadu, aplikasi built-in yang analitis untuk keperluan jaringan bisnis kelas enterprise, dan terintegrasi dengan layanan cloud Alcatel-Lucent OmniVista® Cirrus.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang AP1221-RW atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.