ALASAN MEMILIH TELEPON IP DIBANDING TELEPON ANALOG UNTUK BISNIS ANDA

01 September 2021
alasan-memilih-telepon-ip-dibanding-telepon-analog-untuk-bisnis-anda-2021
Telepon kantor dalam dunia bisnis merupakan salah satu perangkat penting yang diperlukan untuk komunikasi, baik dengan sesama karyawan maupun dengan pihak diluar internal perusahaan. Saat ini di pasaran tersedia beberapa jenis telepon kantor yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah telepon IP dan telepon analog. Agar mendapatkan pilihan terbaik, ada baiknya Anda mengenali dulu perbedaan kedua jenis telepon ini.

Perbedaan Telepon IP dan Telepon Analog



Telepon IP, atau dikenal juga sebagai Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah perangkat telepon yang menggunakan internet untuk melakukan panggilan. Telepon IP bekerja dengan cara membaca sinyal suara analog dan mengubahnya ke bentuk sinyal digital, kemudian sinyal-sinyal tersebut dikirimkan melalui jaringan internet. Kebanyakan bisnis sekarang ini menggunakan komputer atau telepon IP mereka untuk melakukan panggilan telepon. Selain itu, telepon IP menggunakan port Ethernet RJ-45 yang lebih besar atau lebih lebar daripada port RJ-11 yang digunakan pada telepon analog.

Sedangkan telepon analog, yang dikenal sebagai Plain Old Telephone Service (POTS), adalah perangkat telepon biasa dan menggunakan port RJ-11 yang sempit untuk mendukung telepon standar, mesin faks, dan modem. Teknologi analog bekerja dengan menerjemahkan audio menjadi pulsa elektronik. Telepon analog umumnya adalah jenis telepon yang Anda miliki di rumah, atau yang biasa Anda gunakan. Teknologi ini telah ada sejak lama, dan termurah. Namun murah bukan berarti buruk, hanya saja sistem analog memiliki keterbatasan pada seberapa banyak data yang dapat ditransmisikan.

Kelebihan Telepon IP Dibanding Telepon Analog



Bila dibandingkan, telepon IP relatif lebih unggul dibanding telepon analog. Beberapa kelebihan telepon IP yaitu:

- Tidak Membutuhkan Pelatihan Penggunaan


Cara menggunakan telepon IP tidak berbeda dengan penggunaan telepon analog. Telepon IP terlihat hampir identik dengan telepon analog, sehingga tidak memerlukan pelatihan apa pun untuk karyawan Anda yang sudah terbiasa menggunakan telepon analog.

- Hemat Biaya


Karena menggunakan jaringan internet, Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk pemasangan kabel tembaga yang diperlukan untuk mengirimkan sinyal suara pada telepon analog. Semua kebutuhan jaringan internet dapat dipenuhi hanya dengan menggunakan kabel Ethernet atau jaringan nirkabel Wi-Fi. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk melakukan panggilan telepon juga akan berkurang. Panggilan jarak jauh dan panggilan internasional dapat dilakukan dengan tarif minimal, karena telepon IP tidak dipengaruhi jarak seperti telepon analog.

- Kaya Fitur


Telepon IP memiliki semua fitur yang dimiliki telepon analog seperti call waiting, conference call dan voicemail. Selain itu, telepon IP juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain yang lebih canggih seperti mentransfer panggilan ke telepon lain, menahan panggilan dan mengangkatnya dari tempat lain di mana koneksi Internet tersedia, membunyikan panggilan masuk pada beberapa telepon yang berbeda, mengirim pesan suara sebagai email, dan lain-lain.

- Tanpa Kabel


Semua layanan internet disediakan melalui kabel Ethernet yang dihubungkan ke router untuk menyediakan jaringan nirkabel. Karena telepon IP bekerja pada protokol internet, mereka tidak memerlukan kabel tambahan seperti telepon analog. Telepon nirkabel seperti ini juga memberikan keuntungan dalam hal mobilitas kepada penggunanya.

- Kualitas Telepon Lebih Baik


Pada telepon IP, suara pemanggil diubah menjadi paket suara dan ditransmisikan melalui internet melalui server ke pihak yang dipanggil. Proses ini meningkatkan kualitas panggilan, memberi pengguna kualitas audio yang lebih jelas sehingga komunikasi pun menjadi lebih lancar.

- Mudah Diintegrasikan


Karena telepon IP bekerja melalui internet, beberapa aplikasi dapat diintegrasikan dengan perangkat tersebut. Anda dapat menghubungkan banyak aplikasi seperti direktori dan absensi dengan telepon IP. Integrasi ini juga memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan dunia luar dan rekan kantor melalui smartphone mereka kapan saja dan di mana saja. Selain itu, telepon IP juga menyederhanakan komplikasi yang terlibat dalam konektivitas multi-lokasi melalui konektivitas internet.
8008 Deskphone

Deskphone 8008



Semua keunggulan pada telepon IP bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Deskphone 8008 dari Alcatel-Lucent Enterprise. Deskphone 8008 merupakan perangkat telepon hemat energi, yang menawarkan sistem telepon berbasis IP dengan fitur lengkap dan dapat membantu mempermudah alur komunikasi di perusahaan Anda. Perangkat telepon ini memiliki desain modern, serta dilengkapi fitur canggih dan ramah lingkungan. Selain itu, terdapat juga tombol navigasi yang dapat diprogram sesuai kebutuhan, dan memberikan pengalaman komunikasi yang efisien.

Deskphone 8008 memiliki fitur kemampuan bandwidth besar/wideband, 6 softkeys, navigasi 4-arah, tombol yang dapat diprogram, tombol dengan notifikasi cahaya (panggilan masuk, pesan masuk, kontrol audio), tampilan layar B&W (128 x 64), Power over Ethernet class 1 untuk menghemat daya.

Dengan berbagai fitur tersebut, Deskphone 8008 akan memberikan Anda keuntungan kualitas premium dalam format yang compact, ideal untuk memenuhi kebutuhan IP telephony, memiliki fitur PBX yang lengkap, dan desain modern dengan konsumsi daya rendah.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Deskphone 8008 atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.