FITUR QUALITY OF SERVICE (QOS) UNTUK JARINGAN INTERNET YANG LEBIH LANCAR

05 September 2021
fitur-quality-of-service-(qos)-untuk-jaringan-internet-yang-lebih-lancar
Pada saat Anda memasang jaringan internet untuk kantor atau perusahaan, tentunya Anda mengharapkan jaringan tersebut menggunakan perangkat dengan kualitas baik, sehingga dapat menghasilkan jaringan yang berkualitas baik pula. Untuk mendapatkan jaringan tersebut, Anda perlu memilih perangkat dengan fitur Quality of Service (QoS) yang dapat membuat jaringan internet berjalan lebih lancar.

Apa Itu Quality of Service (QoS)?



Quality of Service (QoS) adalah kemampuan suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang baik dengan menyediakan bandwidth, mengatasi jitter dan delay. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, QoS adalah cara yang digunakan untuk mengatur penggunaan bandwidth secara rasional. QoS sangat ditentukan oleh kualitas jaringan yang digunakan. Beberapa faktor yang dapat menurunkan nilai QoS diantaranya redaman, distorsi, dan noise. QoS didesain untuk membantu pengguna menjadi lebih produktif, dengan memastikan bahwa user mendapatkan performa aplikasi berbasis jaringan yang handal

QoS mengacu pada kemampuan jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih baik pada traffic jaringan tertentu, melalui teknologi yang berbeda-beda. Tujuan akhirnya adalah memberikan network service yang lebih baik dan terencana dengan dedicated bandwith, jitter dan latency yang terkontrol dan meningkatkan loss characteristic.

Manfaat Quality of Service (QoS)



QoS dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya:

- Kontrol pada Resources

Kontrol ini termasuk dalam hal ini diantaranya bandwidth, equipment, wide-area facilities dan sebagainya. Sebagai contoh, network manager dapat membatasi bandwidth yang digunakan transfer File Transfer Protocol (FTP) di backbone atau memberi prioritas pada akses database yang penting.

- Penggunaan Network Resources yang Lebih Efisien

QoS dapat memberikan informasi mengenai tujuan penggunaan jaringan, dan traffic yang digunakan untuk memberikan layanan pada customer.

- Pengaturan pada Aplikasi yang Bersifat Mission-Critical

Qos menjamin Wide Area Network (WAN) dapat digunakan secara efisien oleh aplikasi-aplikasi yang bersifat mission-critical, atau aplikasi penting penunjang kinerja customer. Hal ini membutuhkan bandwidth yang besar dan delay yang minimum untuk aplikasi seperti multimedia dan voice, dan tidak adanya interferensi antara mission-critical traffic satu dan lainnya.

Parameter Quality of Service (QoS)



Kemampuan QoS diukur dari tingkat kecepatan, dan keandalan penyampaian berbagai jenis beban data di dalam suatu komunikasi. Kemampuan ini merupakan kumpulan dari beberapa parameter besaran teknis, yaitu:

- Throughput

Throughput adalah kecepatan transfer data efektif, yang diukur dalam bit per second (bps). Parameter ini menunjukkan jumlah total kedatangan paket yang sukses selama interval waktu tertentu, dan dibagi oleh durasi interval waktu tersebut.

- Delay

Delay adalah penambahan total waktu yang terjadi ketika suatu paket dari pengirim ke penerima melalui jaringan. Delay dari pengirim ke penerima pada dasarnya tersusun atas hardware latency, delay akses, dan delay transmisi. Umumnya, delay yang paling sering dialami oleh traffic yang lewat adalah delay transmisi. Untuk aplikasi-aplikasi suara dan video interaktif, kemunculan dari delay akan mengakibatkan sistem seperti tidak merespon.

- Jitter

Jitter adalah variasi dari delay end-to-end. Level tinggi pada jitter dalam aplikasi berbasis User Datagram Protocol (UDP) merupakan situasi yang tidak dapat diterima dimana aplikasinya merupakan aplikasi real-time, seperti sinyal audio dan video. Pada kasus seperti itu, jitter akan menyebabkan sinyal terdistorsi, yang dapat diperbaiki hanya dengan meningkatkan buffer di antrian.
OS6350-P10

OS6350-P10

QoS yang berjalan secara otomatis atau Auto-QoS merupakan salah satu fitur yang dimiliki OS6350-P10 dari Alcatel-Lucent Enterprise. OmniSwitch® 6350 Stackable merupakan seri fixed-configuration Gigabit Ethernet switches yang menyediakan solusi jaringan dengan keamanan tingkat lanjut, pelayanan berkualitas tinggi, serta fitur yang lengkap. OS6350-P10 dapat terhubung dengan 10 perangkat serta dilengkapi dengan fitur Power over Ethernet (PoE+). Perangkat switch ini mudah untuk dipasang, dikonfigurasi, serta dikelola untuk memenuhi kebutuhan jaringan pada bisnis Anda. OS6350-P10 memiliki fitur 10-port dengan dua RJ-45/SFP combo port uplinks, kapasitas switch 20 Gb/s, Power over Ethernet (PoE+), mempermudah penggunaan Voice over IP (VoIP) dengan fitur Auto Quality of Service (Auto-QoS) yang mengkonfigurasi perangkat IP telephony pada virtual LAN (VLAN) dengan parameter QoS yang tepat guna, mendukung IPv4 dan IPv6 untuk routing, Access Control Lists (ACLs) dan relay Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), dan perlindungan ancaman pada IPv6 (DHCP snooping, router advertisement protection and source address filter protection) memberikan proteksi penuh atas berbagai address spoofing attacks. Berbagai fitur pada OS6350-P10 dapat memberikan keuntungan konfigurasi yang memenuhi seluruh kebutuhan customer, menawarkan investasi terbaik untuk keamanan dan fleksibilitas, kemudahan pemasangan, operasi, dan perawatan. Kemudian memastikan pengelolaan energi yang efisien, sehingga mengurangi biaya operasi serta menurunkan biaya total kepemilikan melalui konsumsi energi yang rendah, dan alokasi PoE dinamis yang hanya akan menghantarkan energi untuk perangkat yang membutuhkan, dan fitur keamanan yang komprehensif untuk bisnis anda tanpa biaya tambahan. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang OS6350-P10 atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.