Tips Memilih Access Point Untuk Jaringan WiFi UMKM

08 November 2021
tips-memilih-access-point-untuk-jaringan-wifi-umkm

Sekarang ini hampir semua kegiatan manusia sehari-hari selalu berhubungan atau menggunakan internet. Tanpa kita sadari, pengaruh internet saat ini semakin masif dari tahun ke tahun sehingga pengguna internet di seluruh dunia semakin meningkat. Internet juga sangat dibutuhkan untuk bisnis karena dapat membantu dalam transaksi bisnis seperti promosi, pemasaran, berkomunikasi dengan pelanggan dan berbagai hal. Seiring perkembangan zaman, bukan hanya perusahaan berskala besar saja yang membutuhkan koneksi internet. Para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pun sudah harus memanfaatkan jaringan internet.


Internet bisa dibilang sebagai penunjang UMKM untuk dapat terus berkembang. Apalagi saat ini sudah banyak sekali platform digital yang dapat mempermudah aktivitas operasional bisnis UMKM, misalnya marketplace atau e-commerce. Karena itu, UMKM juga membutuhkan internet yang dapat diandalkan. Baik itu jaringannya dengan memilih provider internet yang berkualitas, maupun perangkatnya. Untuk memudahkan akses internet di bisnis UMKM Anda, penggunaan access point dapat menjadi solusi. Anda tidak perlu kerepotan dengan kabel-kabel internet karena semuanya sudah wireless alias nirkabel menggunakan WiFi. 


Dengan memiliki perangkat WiFi sendiri, Anda juga dapat lebih leluasa dalam berbisnis. Selain tidak perlu repot mencari tempat yang menyediakan WiFi gratis maupun berbayar, Anda juga terhindar dari resiko keamanan data yang mungkin terjadi bila menggunakan WiFi umum. Anda pun harus cermat dalam memilih perangkat access point untuk mendukung kelancaran bisnis UMKM.

Panduan memilih access point untuk jaringan WiFi UMKM

Dalam memilih perangkat access point untuk jaringan WiFi pada bisnis UMKM, Anda dapat mempertimbangkan beberapa aspek berikut ini:

  • Kemudahan manajemen

Salah satu kemampuan penting dari access point yang perlu dijadikan bahan pertimbangan adalah kemudahan pengelolaan manajemennya, terutama jika di masa depan Anda akan menggunakan lebih dari satu perangkat. Sistem manajemen access point yang baik dapat melakukan perubahan konfigurasi yang dibuat secara terpusat dan segera disebarkan ke seluruh cluster. Beberapa bahkan dapat memindahkan perangkat klien WiFi dari access point yang padat ke perangkat lain yang tidak terlalu sibuk. Pengguna WiFi juga lebih minim kemungkinan mengalami jaringan terputus saat menggunakan aplikasi latency-sensitive seperti video streaming atau panggilan voice-over-IP.

  • Penggunaan fitur PoE

Access point dengan fitur Power over Ethernet (PoE) dapat mengurangi kebutuhan penggunaan kabel daya terpisah ke access point individu dan power bricks yang rumit. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan performa, karena jauh lebih mudah untuk mengganti saklar jaringan PoE yang sesuai standar atau injektor daya, daripada adaptor daya eksternal dengan output daya dan konektor yang berbeda. Selain itu, perangkat PoE lebih mudah beradaptasi dengan perubahan, mudah dipindahkan dan disambungkan kembali di tingkat saklar, serta mudah diintegrasikan ke dalam perubahan konfigurasi jaringan. Biaya pemasangannya juga jauh lebih murah daripada biaya pemasangan kabel tradisional, dan biaya pengoperasian jauh lebih efisien.

  • Kecepatan koneksi

Kecepatan dan kestabilan koneksi internet adalah salah satu hal yang paling krusial untuk bisnis UMKM Anda. Apalagi jika berjualan di marketplace atau e-commerce, dimana Anda dituntut untuk selalu cepat tanggap terhadap pesanan maupun chat yang masuk dari konsumen. Perlu juga diperhatikan bahwa jumlah antena dan gelombang radio yang dipancarkan oleh access point akan berdampak pada kecepatan pengguna internet. Maka dari itu, pilihlah access point yang dapat memberikan kenyamanan berselancar di internet bagi Anda dan karyawan.

  • Perangkat entry level

Untuk UMKM, sebaiknya pilih perangkat access point entry level. Selain faktor harga yang umumnya lebih hemat, fitur yang dimiliki juga biasanya telah disesuaikan dengan kebutuhan usaha kecil yang baru dimulai. Tapi jangan asal pilih yang harganya hemat, perhatikan juga performanya. Anda bisa melihat dari fitur-fitur yang dimiliki oleh sebuah perangkat access point, dan keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan dari fitur-fitur tersebut.

AP1101

Access point andalan untuk kelancaran jaringan WiFi UMKM

Untuk mendukung jaringan WiFi pada bisnis UMKM Anda, AP1101 dari Alcatel-Lucent Enterprise adalah pilihan tepat. OmniAccess AP1101 merupakan access point multifungsi entry level yang sangat ideal untuk perusahaan dengan segala ukuran, termasuk UMKM. OmniAccess AP1101 menghadirkan jaringan dengan kapasitas tinggi, kinerja yang mengesankan, dan kemudahan instalasi jaringan nirkabel atau wireless LAN (WLAN) secara plug-and-play.


AP1101 memiliki fitur kinerja tinggi dual-radio, 802.11ac 2x2 MIMO, kecepatan data hingga 1.2 Gb/s, Dynamic Frequency Analysis (DFA) untuk mengoptimalkan saluran yang tersedia dan memberikan daya transmisi yang tepat, Transmit Beam Forming (TxBF) untuk meningkatkan kemampuan dan jangkauan sinyal, serta mendukung Direct Current (DC) power dan Power over Ethernet (PoE).


Dengan berbagai fitur tersebut, AP1101 dapat memberikan Anda keuntungan mudah digunakan dan aman dengan kinerja yang mumpuni, fitur kelas enterprise dengan harga terjangkau, dapat diatur dengan Alcatel-Lucent OmniVista Cirrus cloud platform, kemudahan melakukan instalasi dengan plug-and-play, dan sistem guest management yang terintegrasi.


Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang AP1101 atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.