Memulai Bisnis Coffee Shop di Masa Pandemi

15 December 2021
tips-memulai-bisnis-coffee-shop-di-masa-pandemi

Meski pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir, keinginan orang untuk berwirausaha atau memulai bisnis bisa dibilang masih tinggi. Dalam hal ini, salah satu lahan yang masih banyak dilirik adalah bisnis coffee shop.

Bisnis coffee shop sudah sejak lama menjamur di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, atau Jogja. Baik itu coffee shop dalam bentuk cafe yang high class, maupun coffee shop dalam bentuk kedai sederhana. Tapi siapa sangka, dua tahun terakhir selama pandemi Covid-19, bisnis coffee shop justru mengalami peningkatan. Padahal kondisi ekonomi secara umum menurun karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Peningkatan bisnis ini juga terutama terjadi pada bisnis coffee shop dengan layanan online, dan kedai sederhana dengan ruang terbuka yang menawarkan kopi dengan harga miring tapi kualitasnya bersaing.

Jika Anda juga berencana untuk memulai bisnis coffee shop, ada baiknya simak dulu beberapa tips berikut ini:

  • Tentukan jenis bisnisnya

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai bisnis coffee shop adalah jenis bisnisnya. Apakah Anda mau membeli franchise, mengakuisisi bisnis yang sudah ada, atau memulai brand baru dari awal. Tentunya, ketiga pilihan ini mempunya kelebihan, kelemahan dan risiko masing-masing yang perlu Anda teliti lebih dalam.

  • Cari lokasi yang tepat

Langkah selanjutnya adalah mencari lokasi yang strategis, namun dengan harga sewa yang wajar. Anda juga perlu mempertimbangkan faktor kenyamanan pengunjung atau pelanggan terkait lokasi ini. Apalagi mengingat umumnya orang datang ke coffee shop untuk mengobrol, bersantai, mengerjakan tugas, bekerja, hingga membicarakan bisnis. Faktor lokasi ini juga penting untuk dipilih yang strategis, terutama jika bisnis coffee shop Anda akan mengandalkan penjualan online.

  • Pilih bahan baku berkualitas

Penggunaan bahan baku, dalam hal ini biji kopi, yang berkualitas menjadi poin penting penunjang bisnis coffee shop. Sebagai langkah awal, Anda bisa menggunakan biji kopi single origin lokal yang memiliki banyak sekali varietas. Kualitas biji kopinya pun bisa Anda pilih mau grade yang mana.

  • Sediakan menu camilan

Selain menjual kopi yang berkualitas, sediakan juga menu lainnya seperti camilan atau makanan kecil. Hal ini juga penting karena pelanggan tidak mungkin hanya diam, atau mengobrol sambil minum kopi saja tanpa adanya camilan. Beberapa camilan yang bisa Anda sediakan diantaranya adalah kentang goreng, muffin, kue kering, ataupun sandwich. Anda juga bisa menyediakan menu makanan berat sebagai opsi.

  • Tentukan harga yang sesuai

Harga dari setiap cangkir kopi yang Anda jual akan bergantung pada modal seperti lokasi coffee shop dan kualitas biji kopi, serta target market yang dituju. Untuk masa pandemi seperti saat ini, Anda bisa mulai dengan bisnis coffee shop dalam bentuk kedai sederhana, yang dilengkapi dengan ruang terbuka. Konsep tersebut kini lebih banyak disukai pelanggan, karena biasanya harga secangkir kopinya masih terjangkau dan lebih aman dengan sirkulasi udara lancar.

  • Beri layanan pelanggan yang baik

Layanan pelanggan merupakan salah satu bagian terpenting dalam bisnis coffee shop ataupun bisnis food and beverage lainnya. Oleh karena itu, penting untuk memberikan training kepada karyawan sebelum mereka mulai bekerja di coffee shop Anda. Training yang dimaksud harus mencakup bagaimana cara melayani pelanggan dengan baik dan benar, selain tentunya product knowledge.

  • Buat suasana coffee shop yang nyaman

Ada beberapa faktor yang membuat sebuah coffee shop dinilai nyaman atau tidak oleh pelanggan. Diantaranya desain cafe atau kedai yang digunakan, baik itu interior maupun eksterior. Selain desain, fasilitas yang ditawarkan sebuah coffee shop seperti WiFi dengan kecepatan tinggi juga penting untuk membuat pelanggan nyaman. Apalagi saat ini sudah mulai banyak lagi orang yang mendatangi coffee shop untuk bekerja atau mengerjakan tugas.

Perangkat access point pendukung bisnis coffee shop Anda

Perangkat access point untuk kebutuhan internet di bisnis coffee shop

Agar dapat memberikan fasilitas koneksi internet atau WiFi yang maksimal untuk pelanggan coffee shop, Anda membutuhkan perangkat access point handal seperti AP1101 dari Alcatel-Lucent Enterprise. OmniAccess AP 1101 merupakan access point multifungsi entry level yang sangat ideal untuk perusahaan dengan segala ukuran. OmniAccess AP1101 menghadirkan jaringan dengan kapasitas tinggi, kinerja yang mengesankan, dan kemudahan instalasi jaringan nirkabel atau wireless LAN (WLAN) secara plug-and-play.

AP1101 memiliki fitur kinerja tinggi dual-radio, 802.11ac 2x2 MIMO, kecepatan data hingga 1.2 Gb/s, Dynamic Frequency Analysis (DFA) untuk mengoptimalkan saluran yang tersedia, serta memberikan daya transmisi yang tepat, transmit beamforming (TxBF) untuk meningkatkan kemampuan dan jangkauan sinyal, dan mendukung Direct Current (DC) power dan Power over Ethernet (PoE).

Dengan berbagai fitur tersebut, AP1101 dapat memberikan Anda banyak keuntungan diantaranya mudah digunakan dan aman dengan kinerja yang mumpuni, fitur kelas enterprise dengan harga terjangkau, dapat diatur dengan Alcatel-Lucent OmniVista Cirrus cloud platform, kemudahan melakukan instalasi dengan plug-and-play, dan sistem guest management yang terintegrasi.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang AP1101 atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.