6 Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Kesuksesan Migrasi Wi-Fi 6

6 Hal Yang Wajib Dilakukan Untuk Kesuksesan Migrasi Wi-Fi 6

Saat ini, Wi-Fi dengan standardisasi 802.11ac atau yang disebut Wi-Fi 5 masih marak digunakan di Indonesia. Mulai dari kantor pemerintahan, perusahaan, rumah sakit, hingga kampus masih banyak yang menggunakan teknologi Wi-Fi yang sudah ada cukup lama ini. 

Namun, beberapa waktu yang lalu Wi-Fi Alliance telah merilis standardisasi terbaru 802.11ax atau Wi-Fi 6. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Wi-Fi 6 ini memiliki berbagai macam keunggulan seperti koneksi yang empat kali lebih stabil, bandwidth keseluruhan per pengguna yang lebih besar, jangkauan access point yang lebih luas, serta performa yang lebih baik dan efisien di luar ruangan dan area yang padat.

Jika Anda tertarik untuk bermigrasi ke Wi-Fi 6, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan selain perangkat access point baru. Berikut 6 hal yang wajib dilakukan untuk kesuksesan migrasi Wi-Fi 6:

  • Pastikan switch Anda mendukung PoE+ dan Multi-Gig

Karena kapabilitas dan fiturnya yang sangat beragam, Wi-Fi 6 akan membutuhkan daya yang lebih besar dibandingkan dengan Wi-Fi 5. Maka dari itu, pastikan switch yang Anda gunakan telah mendukung 802.3at, PoE+ untuk mengantarkan daya 30W per port. Jika switch Anda saat ini belum support PoE+, maka sekarang waktu yang tepat untuk memperbaharuinya.

  • Pastikan jaringan Anda bebas dari loop 

Pastinya Anda telah melihat banyak contoh bagaimana permasalahan pada spanning tree dapat mempengaruhi kinerja suatu perusahaan karena perbaikannya yang memakan banyak waktu dan biaya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan switch yang mendukung Shortest Path Bridging (SPB). Penggunaan SPB akan memastikan jaringan Anda bebas dari loop serta memiliki kapasitas untuk menggunakan semua connected links. Tidak seperti spanning tree, dengan SPB semua links memiliki kemampuan untuk forwarding traffic di waktu yang sama, selayaknya memperbesar kapasitas tanpa harus mengganti infrastruktur kabel. 

  • Gunakan distributed wireless architecture

Melakukan migrasi jaringan ke standards-based architecture dengan SPB dan Wi-Fi 6 distributed architecture access point, dapat menghemat waktu dan biaya Anda karena tidak membutuhkan controller dan pemeliharaan. Selain itu, penggunaan distributed wireless architecture dapat meningkatkan efisiensi karena bisa mengeliminasi single point of failure, meningkatkan skalabilitas serta data latency, sehingga tidak ada packet tambahan yang dapat mengganggu lalu lintas jaringan.

  • Terapkan penggunaan unified network management system

Untuk meningkatkan efisiensi operasional, pastikan Anda menggunakan sebuah network management system yang dapat mengatur koneksi kabel dan nirkabel melalui satu layar yang sama. Hal ini akan memberikan keuntungan seperti menghindari duplikasi pekerjaan, meminimalisir inkonsistensi, serta mendapatkan informasi kinerja network secara langsung.

  • Lakukan survei lokasi

Survei lokasi dilakukan agar Anda bisa mengetahui lokasi strategis untuk menempatkan access point, terlebih lagi jika Anda akan menggunakan Wi-Fi di lokasi yang ramai dan padat seperti bangunan lama, kampus, atau rumah sakit. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengukur angka RSSI dan SNR dari access point. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mengetahui kinerja, cakupan, serta lokasi terbaik untuk menempatkan access point.

  • Pilihlah access point yang tepat

Dalam memilih access point, Anda harus memilih access point terbaik yang ada di market, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya:

  • Jumlah maksimal pengguna access point
  • Situs yang ingin diakses pengguna melalui WLAN, seperti: aplikasi tertentu, HTTP, HTTPS, video, atau suara
  • Kebutuhan access point untuk di luar dan dalam ruangan
  • Mendukung kemampuan Wi-Fi 6 seperti OFDMA, UL-DL-MU-MIMO, TWT, mendukung hingga 47 Rus, dan BSS Coloring
  • Telah memiliki sertifikasi Wi-Fi Alliance

Alcatel-Lucent Enterprise menawarkan Alcatel-Lucent OmniAccess® Stellar, access point Wi-Fi 6 yang bisa digunakan untuk kebutuhan dalam ruangan maupun luar ruangan. Access point ini dapat diatur menggunakan Alcatel-Lucent OmniVista® network management system atau melalui cloud dengan Alcatel-Lucent OmniVista Cirrus Network Management as a Service. 

Untuk mengetahui informasi lain mengenai access points Wi-Fi 6 Alcatel-Lucent OmniAccess® Stellar, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kamiatau gunakan fitur online chat yang tersedia pada halaman ini.  

17

Sep

2020