Tips Merawat PABX Agar Tidak Mudah Rusak

04 October 2021
tips-merawat-pabx-agar-tidak-mudah-rusak

PABX merupakan sistem telepon yang umumnya digunakan di perusahaan untuk komunikasi internal dan eksternal. Sistem ini banyak dipilih karena dinilai lebih aman dan lebih murah, dibanding bila perusahaan menanggung biaya pulsa atau biaya komunikasi untuk setiap karyawan.

Dalam operasional perusahaan sehari-hari, PABX memiliki peran krusial. Namun seperti peralatan lainnya, PABX juga dapat mengalami kerusakan, baik ringan maupun berat, jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Oleh karena itu perawatan PABX penting untuk diperhatikan, agar perangkat yang telah dibeli dapat bertahan lama dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya. 

Contoh Kerusakan PABX

Berikut ini adalah beberapa contoh kerusakan PABX yang umum ditemui:

  • Suara Kurang Jelas

Jika audio atau suara pada PABX terdengar tidak jelas atau bahkan terputus-putus, mungkin ada masalah dengan sinyal yang dikirim. Sehingga berakibat sinyal tidak dapat diterima secara real time. Biasanya hal ini terjadi karena bandwidth yang mentransmisikan data audio tidak cukup besar. 

  • Suara Bergema

Jika saat menelepon Anda justru mendengar suara Anda sendiri berulang kali, itu berarti PABX Anda memiliki masalah pada audio yaitu suara bergema. Hal ini umumnya disebabkan oleh masalah listrik, yaitu power supply atau catu daya yang sudah rusak.

  • Suara Lawan Bicara Tidak Terdengar

Jika masalah ini terjadi, maka biasanya hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa set telepon dengan memanggil set telepon lain. Jika tidak ada masalah, maka Anda harus melihat pengaturan firewall pada perangkat router. Biasanya pengaturan router yang salah akan membuat jaringan tidak dapat mengirim sinyal dengan baik.

Tips Merawat PABX

Agar PABX Anda tidak mudah rusak, beberapa tips berikut ini dapat dilakukan:

Restart Berkala 

Sebaiknya restart PABX Anda setiap satu bulan sekali. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi program error dalam PABX, sekaligus menjaganya agar tetap awet. Restart juga membantu untuk memastikan bahwa PABX masih berfungsi secara optimal.

  • Cek Konektivitas

Selain melakukan restart setiap satu bulan sekali, Anda juga perlu untuk mengecek konektivitasnya setiap saat. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah perangkat masih berfungsi dengan normal atau tidak.

  • Ganti Kabel yang Rusak

Jika saat dilakukan pemeriksaan rutin dan ditemukan ada kabel yang rusak, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru agar tidak berimbas pada kinerja PABX. Selain untuk menjaga perangkat dari kerusakan lebih lanjut yang tidak diinginkan, penggantian kabel juga untuk mencegah konsleting listrik.

  • Jauhkan dari Perangkat Panas

Simpan PABX di tempat yang aman dan memiliki suhu stabil, jangan diletakkan berdekatan dengan perangkat yang panas atau perangkat elektronik lain yang menggunakan mesin. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja mesin PABX sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal. 

  • Gunakan Stavolt

Jika listrik di daerah perkantoran tempat perusahaan Anda berada tidak stabil, sebaiknya gunakan stavolt untuk menstabilkannya. Hal ini penting untuk menjaga agar listrik tidak drop tiba-tiba.

  • Manfaatkan UPS

Uninterruptible Power Supply (UPS) berfungsi sebagai alat bantu ketika terjadi pemadaman. Alat ini akan sangat bermanfaat jika di daerah lokasi kantor perusahaan Anda sering kali terjadi pemadaman. Keberadaan UPS akan membantu untuk memberikan suplai listrik, ketika tegangan utama (PLN) tidak berfungsi atau terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

  • Gunakan Penangkal Petir

Lengkapi PABX dengan sistem penangkal petir saat instalasi untuk menghindari kerusakan, dan hindari penggunaan power supply bersamaan dengan komputer atau perangkat elektronik lainnya.

  • Bersihkan Secara Rutin

Gunakan lap basah atau kemoceng untuk membersihkan PABX dari debu dan kotoran yang menempel. Hindari penggunaan cairan pembersih karena bisa merusak permukaan PABX.

Perangkat Deskphone 8028s dari Alcatel-Lucent Enterprise yang dapat memudahkan Anda dalam merawat PABX

Agar komunikasi antar divisi dalam perusahaan semakin lancar, sebaiknya Anda memilih PABX yang tahan lama, mudah dirawat, dan berkualitas seperti Deskphone 8028s dari Alcatel-Lucent Enterprise. Deskphone 8028s merupakan perangkat telepon IP yang termasuk dalam lini produk Premium Deskphone s Series. Perangkat ini menawarkan desain inovatif serta performa yang telah ditingkatkan. Selain itu, peningkatan suara high definition memberikan pengalaman telepon yang superior dengan suara yang natural dan jernih, serta meningkatkan produktivitas bisnis pengguna.

Deskphone 8028s memiliki fitur suara yang high definition, super wideband ready, penggunaan daya terbaik di kelasnya, desain ergonomis yang telah dioptimalkan, display backlit, icon dan soft keys yang intuitif, alphabetic keyboard, built-in security, dual stack NOE & SIP protocol, kompatibel dengan series IP-Touch 8, IPv4/IPv6, dapat diletakan di dinding, pendamping unified communication, embedded software encryption capabilities, kapabilitas kostumisasi, dan mendukung OXE SIP Business support.

Dengan berbagai fitur tersebut, Deskphone 8028s akan memberikan Anda keuntungan kemudahan instalasi, mendukung plug and play, mudah digunakan dengan fitur tombol dan soft keys yang interaktif, meningkatkan efisiensi komunikasi dan produktivitas karyawan, interoperabilitas dengan survival router (embedded SIP Proxy) memberikan kesinambungan layanan dengan sistem OmniPCX Enterprise, memanfaatkan sistem dan solusi dari Alcatel-Lucent yang terinstall di base, dan menawarkan berbagai layanan telepon yang ditemukan di Alcatel-Lucent communication server - OmniPCX® Enterprise dan OXO Connect - dalam hal fungsionalitas, fitur, keandalan dan kualitas layanan.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Deskphone 8028s atau produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.