Perbedaan Switch, Router dan Hub

4/23/2021

Dalam dunia komputer, pertukaran data dan penghubung antara komputer adalah hal yang sangat penting dalam pembuatan sebuah jaringan. Agar bisa terhubung, ada beberapa hardware yang bisa digunakan. Terutama jika kebutuhannya untuk membuat sistem jaringan komputer yang menggunakan jenis jaringan client-server, maka akan sangat bergantung dengan komponen hardware penghubung tersebut. Tiga jenis penghubung yang sering disebutkan oleh teknisi IT biasanya adalah switch, router, dan hub. Namun kadang ketiga istilah ini kurang dipahami oleh orang awam. Pada dasarnya switch, router, dan hub adalah media yang mengirimkan data dari sebuah sumber ke tujuannya yang berada di dalam jaringan komputer. Tapi meski kelihatannya mirip, ketiga perangkat ini tetaplah berbeda. Untuk dapat memahami ketiga penghubung ini, perlu dipahami terlebih dahulu bagaimana cara menghubungkan dua buah komputer agar bisa saling bertukar data. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah kabel dan konektor atau port pada motherboard komputer. Selain itu, pada kedua ujung kabel juga dibutuhkan konektor, agar kabel tersebut mudah dihubungkan dengan komputer. Umumnya digunakan Network Interface Card atau NIC dengan kabel Ethernet dan konektor RJ45. Anda juga bisa menggunakan jenis kabel lain dengan konektor yang lain pula. Jika ada lebih dari dua komputer yang akan dihubungkan, maka tidak lagi bisa menggunakan cara yang sama. Misalnya, bisa ditambah dengan memasang lebih dari satu buah NIC, atau memasang card yang memiliki lebih dari satu port. Tapi jika kita ingin menghubungkan lebih dari 10 komputer, disinilah peran switch, router, dan hub dibutuhkan. Lalu, apakah perbedaan ketiganya?

Switch

Dalam sebuah jaringan, switch adalah perangkat yang menyaring dan meneruskan paket data diantara segmen Local Area Network atau LAN untuk satu perangkat tujuan. LAN yang menggunakan switch untuk tersambung dengan segmen disebut LAN switch, atau bila menggunakan jaringan ethernet maka disebut Ethernet LAN switch. Perangkat ini mampu menangani data dan mengetahui alamat spesifik untuk mengirim pesan. Switch juga dapat memutuskan komputer mana yang menjadi tujuan pengiriman pesan dan mengirim pesan langsung ke komputer yang tepat. Efisiensi dari switch pun kini sudah jauh meningkat, sehingga kecepatan jaringan bisnis Anda pun bisa menjadi lebih cepat.

Router

Router pada dasarnya merupakan komputer kecil yang bisa diprogram untuk menangani dan mengarahkan lalu lintas jaringan, yang berfungsi untuk meneruskan paket data. Perangkat ini biasanya tersambung dengan setidaknya dua jaringan. Seperti dua LAN, dua Wide Area Network (WAN), atau LAN dengan jaringan Internet Service Provider atau ISP-nya.  Router dapat menyambungkan semua perangkat yang terhubung dengannya ke internet secara langsung tanpa menggunakan perangkat perantara. Selain itu router juga dibekali dengan berbagai fitur seperti port switch tambahan, Dynamic Host Configuration Protocol atau DHCP, dan firewall untuk meningkatkan keamanan transmisi data dalam suatu jaringan.

Hub

Hub adalah sebuah titik pertemuan untuk perangkat komputer di dalam sebuah jaringan. Terdiri dari beberapa port, hub digunakan untuk mengirimkan pesan dari satu port ke port lain. Jadi saat sebuah paket data diterima di port, maka akan disalin ke port yang lain sehingga semua segmen LAN dapat melihat paket data tersebut.  Di dalam hub, bandwidth dari suatu jaringan dibagi rata ke tiap port. Sehingga semakin banyak port yang mengakses jaringan, maka akan semakin berat pula traffic yang sedang berjalan sehingga koneksinya juga akan melambat. Tapi jika hanya ada satu port yang mengakses, maka koneksinya pun akan lebih maksimal. 

Inilah perbedaan switch, router, dan hub

Sebenarnya, switch dan hub memiliki fungsi yang hampir sama. Hanya saja switch bekerja dengan lebih cepat dan lebih aman karena data terkirim secara spesifik ke satu perangkat tujuan, alias lebih cerdas dalam menentukan target data yang diteruskan. Namun bila dibandingkan dengan hub, switch bisa dibilang lebih efisien karena switch bisa menghubungkan beberapa komputer dengan satu LAN, sedangkan hub hanya menghubungkan beberapa perangkat ethernet menjadi satu bagian.  Untuk semakin meningkatkan efisiensi kerja perusahaan, Anda bisa menggunakan switch dari Alcatel-Lucent Enterprise. Kami menyediakan promo untuk produk switch, seperti OmniSwitch 2220-8 yang cocok untuk bisnis skala kecil dan menengah, sampai dengan kelas enterprise seperti OmniSwitch 6450. Anda juga bisa melengkapi jaringan kantor dengan access point nirkabel (wireless), seperti OmniAccess AP 1101. Penggunaan switch dan access point akan semakin menunjang produktivitas kerja seluruh karyawan Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kontak kami melalui laman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.

PRODUK TERKAIT


os6450-48
DETAIL
BELI
os6450-p24
DETAIL
BELI
os6350-p48
DETAIL
BELI
os6350-48
DETAIL
BELI
os6350-p24
DETAIL
BELI
os6350-24
DETAIL
BELI
os6350-p10
DETAIL
BELI
os2220-8
DETAIL
BELI
oaw-ap1221-rw
DETAIL
BELI
omniswitch-2220-p24
DETAIL
BELI
omniswicth-2220-24
DETAIL
BELI
omniswitch-2220-p8
DETAIL
BELI