Lima Kesalahan Umum Startup yang Sebaiknya Dihindari

Lima Kesalahan Umum Startup yang Sebaiknya Dihindari

“Risiko datang dari ketidaktahuan Anda ketika melakukan sesuatu”. Begitulah kalimat yang diutarakan oleh Warren Buffet, seorang investor dan pengusaha terkemuka asal Amerika Serikat. Kalimat yang diutarakan oleh Warren Buffet tersebut berlaku di segala bidang, termasuk untuk Anda, pengusaha yang sedang merintis sebuah perusahaan startup. 

Sebagai seorang perintis startup, sudah selayaknya Anda mengetahui berbagai kesalahan kesalahan umum yang telah dilakukan oleh orang orang yang pernah gagal saat membangun sebuah perusahaan startup. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko terjadinya berbagai kesalahan fatal di kemudian hari. Untuk menghindari hal tersebut, berikut lima kesalahan umum startup yang dapat Anda jadikan pelajaran:

Tidak memiliki tujuan yang jelas

Tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas merupakan kesalahan pertama yang sering ditemui pada perusahaan perusahaan startup yang baru saja lahir. Mereka seringkali terlalu terpaku untuk mengumpulkan uang tanpa memikirkan arah dan tujuan perusahaannya. Jika terus-terusan dibiarkan, Hal ini bisa membawa berbagai dampak buruk seperti gulung tikarnya perusahaan. Tony Hsieh, CEO dari Zappos pernah mengatakan “Chase the vision, not the money; the money will end up following you.” 

Tidak memahami target pasar 

Kesalahan kedua yang sering ditemui adalah ketidakpedulian pengusaha startup atas kebutuhan pelanggan. Mereka yang baru merintis perusahaan startup seringkali berjalan berdasarkan asumsi dan idealisme mereka tanpa dilandasi oleh data. Mereka tidak mau mendengarkan saran yang diberikan oleh para pelanggannya. Jika terus terusan dibiarkan, hal ini bisa berdampak perusahaan startup Anda ditinggalkan oleh para pelanggan. Sebagai solusi, lakukanlah riset mengenai kebutuhan pasar atas produk atau yang Anda tawarkan, dengarkanlah masukkan mereka dan jangan menjadi keras kepala. Karena kebanyakan perusahaan startup yang besar meraih kesuksesan setelah melakukan pivot atau mengubah haluan perusahaan.

Terlalu terfokus mencari suntikan dana yang besar di tahap awal

Langkah yang seringkali diambil oleh para pengusaha startup di tahun pertamanya adalah mencari investor, dengan tujuan melakukan pengembangan serta rekrutmen besar besaran. 

Anda harus berhati-hati dalam melakukan hal ini, karena jika Anda terlalu mengandalkan suntikan dana dan tidak berhati-hati dalam mengelola pengeluaran perusahaan Anda, bisa jadi valuasi startup malah menjadi tidak maksimal di kemudian hari. Sebagai solusi, carilah model bisnis yang dapat membantu keberlangsungan perusahaan startup Anda dalam jangka waktu yang lama.

Mengejar publisitas tanpa pertimbangan matang

Menggelontorkan dana untuk meraih publisitas memang baik untuk melakukan promosi startup Anda. Dengan melakukan hal ini, akan semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan startup Anda. Namun, jika Anda adalah pengusaha startup dengan modal terbatas, ada baiknya Anda mengalokasikan dana tersebut untuk melakukan riset dan memantapkan model bisnis Anda dahulu.

Komunikasi yang tidak baik

Komunikasi merupakan hal yang paling krusial untuk diperhatikan dalam sebuah perusahaan startup. Tanpa komunikasi yang baik, maka perusahaan startup Anda kemungkinan besar akan menghadapi kegagalan dalam waktu yang berdekatan. Maka dari itu, bangunlah sebuah ekosistem komunikasi yang efektif dan efisien di dalam perusahaan Anda.

Untuk dapat melancarkan komunikasi dengan internal maupun eksternal perusahaan, Anda dapat menghadirkan perangkat PABX di perusahaan Anda, Alcatel Lucent Enterprise menghadirkan solusi untuk kebutuhan tersebut. Dengan harga mulai dari Rp. 12.000.000, Anda dapat mewujudkan kolaborasi yang lebih baik pada perusahaan Anda. Anda dapat menikmati promo bundling PABX OXO Connect Evolution dan Deskphone 8008. Paket bundling ini terdiri dari PABX OXO Connect Evolution dan 5 unit Deskphone 8008. Dengan inovasi teknologi terkini dari sistem PABX OXO Connect Evolution, jaringan telepon di kantor Anda akan semakin efisien dan optimal. Selain itu, Deskphone 8008 juga memberikan Anda pengalaman berkomunikasi yang memuaskan dengan desain premium, ramah pengguna serta kualitas audio yang jernih.

Untuk mengetahui informasi lain mengenai solusi komunikasi lengkap dan hemat dari Alcatel-Lucent Enterprise, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman Hubungi Kami” atau gunakan fitur online chat yang tersedia pada halaman ini.

 

26

Feb

2020