Mau Mulai Bangun Startup? Perhitungkan 3 Biaya ini

Mau Mulai Bangun Startup? Perhitungkan 3 Biaya ini

Membangun bisnis startup merupakan tren yang sedang berkembang di kalangan millennial saat ini. Menurut riset yang dilakukan oleh Startup Ranking, Indonesia saat ini memiliki 2070 startup yang statusnya sedang berkembang. Namun, jika tidak dijalankan dengan berhati-hati, ribuan startup tersebut memiliki resiko kegagalan yang amat besar. Menurut majalah bisnis Fortune, 9 dari 10 startup yang ada di dunia saat ini disinyalir akan menghadapi kegagalan, salah satu penyebab utama banyaknya terjadi kegagalan startup adalah masalah arus kas alias cash flow

Untuk menghindari hal tersebut, perencanaan biaya yang matang diperlukan sebelum memulai startup, berikut 3 biaya yang harus kamu pikirkan sebelum memulai bisnis startup:

Biaya legal

Setiap pebisnis akan membutuhkan pengacara dan notaris untuk membantu mengurus masalah hukum dalam menjalankan bisnis. Contohnya adalah saat Anda akan membuat perusahaan Anda menjadi sebuah PT, atau ketika Anda akan melindungi hak kekayaan intelektual perusahaan Anda.

Untuk menyiasati biaya legal ini, pebisnis startup dapat meneliti dokumen online sebagai langkah awal perencanaan hukum. Dengan mengerjakan 90% dokumen secara online, maka pengacara hanya akan menyelesaikan sisanya saja.

Biaya marketing

Untuk dapat menjangkau target market dari bisnis startup Anda, Anda akan membutuhkan biaya untuk melakukan marketing. Biaya marketing ini bisa beragam tergantung dengan strategi yang akan Anda gunakan. Beberapa konsultan merekomendasikan agar total biaya marketing ini berada di bawah 10% dari total anggaran bisnis Anda. Untuk menyiasati dan menghemat biaya marketing, Anda dapat menggunakan sosial media untuk menjangkau pasar Anda.

Biaya komunikasi

Komunikasi merupakan hal yang krusial dalam menjalankan sebuah bisnis, tanpa komunikasi yang baik, bisnis Anda kemungkinan besar akan menghadapi banyak masalah. Maka dari itu, Anda harus memastikan komunikasi di kantor Anda dapat berjalan dengan lancar dan tanpa gangguan. 

Untuk menghemat biaya komunikasi, Anda dapat menghadirkan jaringan telepon internal di kantor startup Anda. Selain dapat menekan biaya komunikasi, jaringan telepon internal ini juga dapat memperlancar dan meningkatkan produktivitas tim Anda. Jika Anda tertarik untuk membangun sebuah jaringan telepon internal, Alcatel Lucent Enterprise menghadirkan solusi untuk kebutuhan tersebut. Dengan harga mulai dari Rp. 12.000.000, Anda dapat mewujudkan kolaborasi yang lebih baik untuk perusahaan Anda. Anda dapat menikmati promo bundling PABX OXO Connect Evolution dan Deskphone 8008. Paket bundling ini terdiri dari PABX OXO Connect Evolution dan 5 unit Deskphone 8008. Dengan inovasi teknologi terkini dari sistem PABX OXO Connect Evolution, jaringan telepon di kantor Anda akan semakin efisien dan optimal. Selain itu, Deskphone 8008 juga memberikan Anda pengalaman berkomunikasi yang memuaskan dengan desain premium, ramah pengguna serta kualitas audio yang jernih.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai sistem telepon PABX OXO Connect Evolution dari Alcatel-Lucent Enterprise, Anda dapat hubungi kami pada halaman “Hubungi Kami” atau gunakan fitur online chat yang tersedia pada situs ini.

16

Jan

2020

artikel terkait