Penggunaan Hybrid Cloud Untuk Sistem Telepon PABX Agar Lebih Efektif

Penggunaan Hybrid Cloud Untuk Sistem Telepon PABX Agar Lebih Efektif

Media penyimpanan data merupakan komponen penting dalam sistem telepon Private Automatic Branch eXchange (PABX) berbasis Internet Protocol (IP) yang umum digunakan di banyak perusahaan. Fungsinya untuk merekam seluruh aktivitas penggunaan telepon dalam jaringan. Misalnya pada daftar panggilan, isi pembicaraan, dan pesan-pesan yang disampaikan penelepon ke voicemail.

 

Untuk meminimalisir risiko terjadinya kerusakan, saat ini hampir semua PABX telah menggunakan cloud sebagai media penyimpanan datanya. Kini, seiring perkembangan zaman, pilihan cloud untuk digunakan pun semakin beragam mulai dari private cloud, public cloud, hingga hybrid cloud.

 

Perbedaan Private Cloud, Public Cloud, dan Hybrid Cloud

 

Private cloud  hanya bisa diakses oleh satu perusahaan melalui jaringan pribadi, sehingga relatif aman. Meskipun pusat datanya bisa saja dioperasikan oleh pihak ketiga atau vendor di luar perusahaan, sumber daya komputasinya tetap diisolasi dan dikirim melalui jaringan pribadi yang tidak dibagikan ke pelanggan lain. Sumber daya komputasi sendiri merupakan seperangkat teknologi yang digunakan dalam bentuk hardware dan software komputer, dan digunakan untuk membantu penggunanya. Tingkat keamanan private cloud juga bisa diatur sesuai kebutuhan bisnis, sehingga data perusahaan dapat terjaga dengan baik.

 

Sementara itu public cloud bisa diakses oleh banyak pengguna melalui jaringan publik. Layanan ini biasanya gratis, namun ada juga yang premium atau berbasis langganan yang dikenakan biaya berdasarkan tingkat konsumsi layanan umum. Seperti email, aplikasi, penyimpanan, hingga Operating System (OS) platform di level perusahaan yang digunakan untuk pengembangan dan pengujian software. Dalam public cloud terdapat vendor yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengelola, serta memelihara kumpulan sumber daya komputasi yang dibagi ke semua pengguna cloud.

 

Sedangkan hybrid cloud merupakan layanan yang menggabungkan private cloud dan public cloud, agar bisa menghadirkan fungsi yang beragam pada perusahaan yang sama. Penggunaan hybrid cloud dapat mengoptimalkan proses pengolahan data dengan pemanfaatan cloud dan olah data secara langsung di data center perusahaan. Sehingga sistem pengolahan data perusahaan dapat mendekati real-time, lebih hemat anggaran, dan meningkatkan kontrol terhadap proses pengolahan data yang terintegrasi pada masing-masing cabang perusahaan.

 

Keuntungan Penggunaan Hybrid Cloud Untuk Sistem Telepon PABX

 

Hybrid cloud dapat menjadi pilihan yang paling tepat dalam hal penggunaan cloud untuk sistem telepon PABX. Melalui pemanfaatan hybrid cloud, perusahaan dapat mempercepat proses pengolahan data secara lokal tanpa adanya delay berlebih, menyimpan data secara lokal tanpa harus memiliki proses data yang berat, membantu perusahaan tetap memiliki sistem pengolahan dan penyimpanan data terintegrasi meski dioperasikan di tempat berbeda, terhindar dari risiko-risiko kesalahan dalam pemeliharaan, serta tidak lagi perlu mengeluarkan anggaran untuk membeli hardware tambahan lainnya dari pihak ketiga, sehingga biaya operasional lebih efektif dan efisien.

 

Model hybrid cloud ini dapat diimplementasikan dengan beberapa cara. Pertama, tentukan aplikasi apa saja yang akan dipasang di hybrid cloud ini. Maksudnya bagian mana yang tetap dipertahankan di private cloud, dan mana yang diperluas ke public cloud. Kedua, siapkan alat-alat pemantauan (monitoring tools) untuk bagian private maupun public cloud. Ketiga, siapkan sumber daya manusia yang dapat menangani baik infrastruktur server maupun jaringan sekaligus.

 

Fitur Hybrid Cloud Pada OXO Connect Small dan Deskphone 8008

 

Hybrid cloud merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat OXO Connect Small dan Deskphone 8008 dari Alcatel-Lucent Enterprise.

 

OXO Connect Small yang berperan mengendalikan ekstensi telepon analog (TDM) maupun IP phone, merupakan IP PABX terbaik untuk mendukung pengembangan bisnis dengan menawarkan kemudahan, kehandalan, dan komunikasi secara terintegrasi dengan biaya yang terjangkau. Dengan desain yang kokoh namun tetap sederhana dan fungsional, produk ini sesuai untuk Anda yang ingin mengembangkan usaha.

 

Sementara Deskphone 8008 merupakan perangkat telepon hemat energi yang menawarkan sistem telepon berbasis IP dengan fitur lengkap. Deskphone 8008 dapat membantu mempermudah alur komunikasi di perusahaan Anda. Perangkat telepon ini memiliki desain modern, dilengkapi fitur canggih, dan ramah lingkungan. Terdapat juga tombol navigasi yang dapat diprogram sesuai kebutuhan dan memberikan pengalaman komunikasi yang efisien.

 

Gabungan kedua produk tersebut dapat memberikan kemudahan bagi sistem telepon PABX perusahaan dengan fitur kemampuan tampilan layar B&W (128 x 64), mendukung 802.3az, Power over Ethernet class 1 untuk menghemat daya, voicemail sampai dengan 500 mailboxes atau 200 jam, bandwidth yang besar atau wideband, 6 softkeys, navigasi 4-arah, tombol yang dapat diprogram, tombol dengan notifikasi cahaya (panggilan masuk, pesan masuk, kontrol audio), dan tentunya hybrid cloud service. Serta keuntungan sebagai device ideal untuk memenuhi kebutuhan IP telephony, memiliki fitur PABX yang lengkap, desain modern dengan konsumsi daya rendah, dan kualitas premium dalam format yang compact.

 

Saat ini, Anda bisa mendapatkan harga promo  Rp 11.600.000 untuk paket Deskphone 8008 dan OXO Connect Small dengan periode terbatas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Deskphone 8008, OXO Connect Small, dan promo-promo lainnya, silahkan kunjungi halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.

06

Apr

2021