Pengertian dan Manfaat Call Center Untuk Bisnis Anda

01 December 2021
manfaatkan-call-center-untuk-meningkatkan-performa-bisnis-anda

Hingga saat ini, customer service masih menjadi komponen penting baik bagi perusahaan maupun pelanggan itu sendiri. Customer service menjadi garda terdepan yang secara langsung menghadapi pertanyaan atau keluhan pelanggan. Oleh karena itu, memiliki tim customer service yang sigap dan helpful sangatlah penting bagi bisnis Anda. 


Salah satu jenis customer service yang masih menjadi rujukan utama pelanggan adalah call center. Ketika seorang pelanggan memiliki keluhan atau menghadapi suatu permasalahan yang berhubungan dengan produk dan layanan jasa, maka secara otomatis mereka akan merasa panik, marah, dan ingin mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut secepat mungkin. Besar kemungkinan, hal yang pertama kali akan dilakukan pelanggan adalah mencari nomor telepon call center yang bisa dihubungi dari produk atau layanan jasa tersebut.


Apa Itu Call Center?


Call center adalah suatu infrastruktur perusahaan yang terpusat untuk menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon. Call center dapat menerima panggilan telepon masuk dari pelanggan, dan melakukan panggilan keluar kepada pelanggan. Secara garis besar, call center digunakan untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan, menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan terkait layanan dan produk dari perusahaan, dan memberikan bantuan kepada pelanggan atas masalah yang mereka hadapi.


Call center penting untuk mencapai efisiensi sebuah bisnis, penjualan yang lebih besar,  dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Agen call center dapat membantu membangun brand awareness sebuah perusahaan, dan membantu perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif dibanding bisnis yang layanan call center-nya masih kurang. Tanpa call center, banyak perusahaan yang akan kesulitan dalam menarik dan melayani pelanggan. 
Para agen call center pun diharapkan dapat mengatasi isu pelanggan dengan memberikan solusi paling tepat dan paling cepat dari pertanyaan atau keluhan pelanggan. Ketika pelanggan mempunyai pengalaman yang baik dengan call center di sebuah perusahaan, mereka akan menjadi seorang pelanggan yang setia. Selain itu, meski saat ini bantuan secara online sedang berkembang, namun bantuan secara langsung melalui telepon tetap terasa jauh lebih personal dan lebih dihargai oleh pelanggan Anda.


Manfaat Call Center Untuk Bisnis


Dengan menggunakan call center untuk mendukung bisnis, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat berikut ini:

  • Hemat Biaya

Dengan menggunakan call center, perusahaan dapat menghemat biaya karena sudah secara langsung berkomunikasi dengan pelanggan dan memberikan solusi untuk permasalahan mereka. Sehingga tidak perlu lagi melakukan effort lain untuk menjangkau pelanggan, yang mungkin dapat menimbulkan biaya tambahan. 

  • Memahami Pelanggan

Call center dapat dijadikan media perusahaan untuk mengetahui dan memahami apa saja kebutuhan pelanggan. Dengan menggunakan call center, perusahaan bisa mendapatkan akses data pelanggan, seperti informasi pribadi dan pembelian produk atau layanan perusahaan. Sehingga perusahaan dapat memahami pelanggan dan berinteraksi secara tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

  • Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Cara kerja call center yang berfokus pada saluran telepon membuat perusahaan dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung, untuk mengetahui dan menyelesaikan kebutuhan pelanggan. Call center yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik, pada akhirnya akan menciptakan loyalitas pelanggan sehingga hubungan dengan pelanggan semakin meningkat.

  • Penguat produktivitas

Call center umumnya memiliki fitur-fitur intuitif dan otomatis seperti auto-dialer, alat pemantauan, time routing, penentuan prioritas, dan matriks rute panggilan. Setiap sistem bekerja dengan Key Performance Indicators (KPI) untuk mengukur produktivitas masing-masing karyawan atau agen call center. Serta menunjukkan catatan waktu yang sebenarnya, terkait dengan bagaimana agen Anda memberikan tanggapan sebagai dukungan kepada pelanggan Anda.

Call Center Package

Perangkat Deskphone 8008 untuk mendukung kinerja call center bisnis Anda

Jika Anda memiliki atau baru akan menggunakan call center untuk mendukung bisnis, penggunaan platform yang tepat seperti Call Center Package dari Alcatel-Lucent Enterprise sangatlah penting. Call Center Package merupakan sebuah paket platform telekomunikasi yang terdiri dari 1 OmniPCX Enterprise (OXE), 100 unit Deskphone 8008, dan CallPartner 128 ext. 


OmniPCX Enterprise (OXE) merupakan platform telepon perusahaan fleksibel yang menghadirkan komunikasi era digital yang andal dan berkualitas tinggi untuk mengembangkan bisnis Anda. OXE memiliki fitur manajemen panggilan yang efisien, konektivitas cloud hybrid dengan Alcatel-Lucent Rainbow, terintegrasi dengan aplikasi SaaS, pusat kontak dengan voice call routing yang cerdas dan tampilan interaksi omnichannel 360° dengan ALE Connect, enkripsi komunikasi dan perangkat lunak untuk mencegah serangan siber, ketersediaan dan skalabilitas tinggi hingga 15.000 pengguna per instance, software update dan pemantauan dari cloud dengan ALE Cloud Connect, serta management tools dengan OmniVista 8770 NMS, otomatisasi, call routing, dan layanan notifikasi.


Sedangkan Deskphone 8008 merupakan perangkat telepon hemat energi yang menawarkan sistem telepon berbasis IP dengan fitur lengkap. Perangkat ini dapat membantu mempermudah alur komunikasi di perusahaan Anda dengan desain modern, dilengkapi fitur canggih, dan ramah lingkungan. Deskphone 8008 memiliki fitur kemampuan bandwidth besar atau wideband, 6 Softkeys, navigasi 4-arah, tombol yang dapat diprogram, tombol dengan notifikasi cahaya (panggilan masuk, pesan masuk, kontrol audio), tampilan layar B&W (128 x 64), dan Power over Ethernet class 1 untuk menghemat daya.


Selain itu, dalam paket ini Anda juga akan mendapatkan CallPartner 128 ext yang merupakan aplikasi "new generation" untuk mengelola data pemakaian telepon, yang dirancang untuk perusahaan yang berorientasi maju dengan senantiasa mengadaptasikan kemajuan dan perkembangan dalam dunia IT dan telekomunikasi. Aplikasi ini kompatibel untuk pemasangan pada virtual machine maupun cloud, dengan menggunakan operating system terbaru dan database server terkini. Selain itu, CallPartner juga siap dipadukan dengan directory services (LDAP) untuk pengaturan login dan pembaruan phone-user, menyediakan user-interface ganda berupa web dan desktop, serta fleksibel digunakan untuk satu sampai ratusan PABX/IP-PBX, dengan ratusan sampai belasan ribu phone-user.


Dapatkan harga promo Rp 250.000.000 untuk Call Center Package hingga 31 Desember 2021. Bila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang produk-produk Alcatel-Lucent Enterprise lainnya, silahkan sampaikan pertanyaan kepada kami melalui halaman Hubungi Kami, atau gunakan fitur online chat yang ada di website ini.